SOP dan Manajemen Proyek
Assalamu alaikum wr.wb.
PENDAHULUAN
nah ketemu lagi dengan saya si pemalas yang seharusnya ga ada di dunia ini muehehehe :v , ok pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu sop , dan Manajement proyek.
PENGERTIAN
SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedure yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari orang lain .
Manajement Proyek yaitu sebu usaha pada suatu keahgiatan agar tujuan adanya
kegiatan tersebut dapat tercapai secara efisien dan efektif. Efektif
dalam hal ini adalah dimana hasil penggunaan sumber daya dan kegiatan
sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan
lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan
pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat
penggunaan sumber lain dan lain-lain. Oleh sebab itu manajemen proyek
pada suatu proyek konstruksi merupakan suatu hal yang tidak dapat
diabaikan begitu saja, karena tanpa manajemen suatu proyek, konstruksi
akan sulit berjalan sesuai dengan harapan baik berupa biaya, waktu
maupun kualitas.
LATAR BELAKANG
latar belakang saya mempelajari sop yaitu ingin memperbaiki diri dalam perperilaku sesuai prosedur :v
MAKSUD DAN TUJUAN
- memahami apa itu sop
- memehami apa itu manajement proyek
- bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari
ISI PEMBAHASAN
baiklah kita langsung saja untuk pembahasannya dimulai dari sop
Tujuan standar sop
Fungsi standar sop
Manfaat dan Kegunaan Standar Operasional Prosedur (SOP)
MANAJEMEN PROYEK
Fungsi manajemen proyek adalah
- mencakup "scooping" yang menerang kan tentang batas batas dari suatu proyek
- perencanaan "planing" mengidentifikasi tugas apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek
- perkiraan "estimating" masing masing tugas yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu proyek harus diperlukan
- penjadwalan "scheduling" seorang manajer proyek harus bertanggung jawab terhadap penjadwalaan semua aktifitas sebuah proyek
- pengorganisasian "organizing" seorang manajer proyek memastikan bahwa semua anggota tim dari sebuah proyek mengetahui peran dan juga tanggung jawab setiap orang dan hubungan laporan mereka kepada manajer proyek
- pengarahan "directing" mengarahkan semua kegiatan kegiatan tim didalam proyek
- pengontrolan "controling" fungsi pengontrolan atau pengendalian ini kemungkinan adalah fungsi yang paling sulit dan juga paling penting untuk seorang manajer apakan aproyek akan berjalan semestinya atau tidak
- penutupan "closing" manajer proyek seharusnya selalu memberi penilaian kebersihan atau kegagalan kepada kesimpulan dari suatu proyek yang dijalanai
HASIL YANG DIDAPAT
bisa memehami mengenai sop dan manajemen proyek
KESIIMPULAN
jadi kita sebelum melakukan suatu hal yang besar kerjakan lah sesuatu yang kecil terlebih dahulu karena suatu hal yang besar itu berawal dari hal yang kecil :v
ok sekian dulu dari bila ada kesalahan apapun saya minta maaf , terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb.
No comments:
Post a Comment